Kadishub Babel Hadiri Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) Secara Virtual

Pangkalpinang-Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung K A Tajuddin  menghadiri Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) yang diikuti secara virtual melalui aplikasi video conference (vidcon) di Gedung Tribrata Mapolda Babel. Selasa sore (13/4/2021).

Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) secara serentak itu dilakukan oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM  Daan Mogot, Jakarta.  Dengan adanya lauching tersebut diharapakan dapat mempermudah dan mempersingkat pengusuran Surat Izin Mengemudi (SIM) di manapun berada, sehingga pembuatan dan perpanjangan SIM oleh masyarakat tidak harus selalu mendatangi SATPAS secara fisik mulai dari awal hingga terbitnya SIM yang diurus.

Berdasarkan paparan yang disampaikan Kapolri Sigit Listyo bahwa aplikasi tersebut nantinya bisa diunduh langsung oleh para pengguna smartphone di playstore (Android) dan app store (iOS). Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ujian teori, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui E-Rikkes, hingga melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C lewat aplikasi Sinar.

Kabarnya, dengan aplikasi tersebut, sebagian besar kepengurusannya membuat pemohon tidak perlu hadir ke Satpas. Tapi khusus untuk pembuatan SIM baru pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik.

Dalam tayangan virtual juga Korlantas Polri menayangkan beberapa langkah yang harus dilakukan pemohon untuk mendapatkan atau pembutan SIM secara online .

Berikut langkah pembuatan SIM baru via aplikasi Sinar: 1. Download aplikasi 2. Registrasi (NIK) 3. Face recognition 4. Pilih jenis SIM 5. Pembayaran PNBP SIM baru 6. Ujian teori online yang didahului simulasi contoh soal 7. Lulus dan mendapat QR Code 8. Pilih Satpas 9. Pilih jadwal ujian praktik

Tahapan perpanjangan SIM melalui aplikasi Sinar: 1. Download aplikasi 2. Verifikasi No. HP (OTP) 3. Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie) 4. Verifikasi NIK dan SIM 5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas 6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi 7. Isi rekening pengembalian (pembatalan) 8. Pilih metode pengiriman 9. Upload pas foto dan tanda tangan 10. Pembayaran PNBP dan biaya kirim 11. Cetak SIM 12. Pengiriman 13. SIM diterima pemohon.

Tampak hadir Forkopimda Babel, Para pejabat dilingkup Polda Babel beserta jajarannya, undangan dan pihak terkait lainnya.

Sumber: 
Dinas Perhubungan Babel
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Error | Dinas Perhubungan

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.