Pelaksanaan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan Tingkat Kabupaten Belitung

PANGKALPINANG- Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas awak kendaraan umum teladan Kementerian Perhubungan mencetuskan suatu Program Kegiatan Pemilihan Awak Kendaraan Teladan tingkat nasional, dimana pelaksanaan Pemilihan ini dilaksanakan dalam tiga tahapan pemilihan, dimulai dengan Pemilihan ditingkat Kabupaten Kota, Pemilihan ditingkat Provinsi dan Pemilihan ditingkat Nasional.  

Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung pada tanggal 27 April 2017 telah melaksanakan Kegiatan Pemilihan Awak Kendaraan Teladan di tingkat Kabupaten Belitung dengan mengikutsertakan para sopir-sopir dari Perusahaan-perusahaan otobus dengan jenis pelayanan Angkutan Umum Antar Koda Dalam Provinsi (AKDP), Angkutan Desa dan Angkutan Kota di lingkup kabupaten Belitung dengan Narasumber dari Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepolisian Resort Kabupaten Belitung.

Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam pelaksanaan Kegiatan Pemilihan Awak Kendaraan Teladan memaparkan tentang Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Pengetahuan tentang Defensif Driving, dengan pokok bahasan, yaitu :

1. Upaya terwujudnya LLAJ yang aman, tertib, lancar dan beretika berlalu lintas.

2. Upaya terwujudnya keselamatan lalu lintas, agar pengguna jalan terhindar dari resiko kecelakaan selama berkendara di jalan raya baik yang disebabkan oleh faktor kelalaian, laik jalan kendaraan, kondisi jalan dan atau lingkungan.

3. Upaya memahami defensif driving yaitu Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab pengemudi dalam berkendara dengan kewaspadaan yang tinggi serta sikap positif sesama pengguna jalan lainnya serta berupaya menghindari sikap-sikap pengemudi yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

4. Upaya agar setiap orang tidak menjadi penyumbang permasalahan/ pelanggaran lalu lintas.

Semoga kita terhindar dari musibah kecelakaan lalu lintas. Aamiin...

Sumber: 
Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Ir. Agus Lazuardi, MT
Fotografer: 
Dishub
Editor: 
Yoval
Tags: 
Awak Kendaraar Umum Teladan