Pelaksanaan Ramp Check di Terminal Girimaya dan Terminal Kampung Keramat

Pangkalpinang - Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan bangka Belitung pada hari Kamis tanggal 15 Juni 2017, melaksanakan Ramp Check untuk angkutan umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan Ditlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Badan Narkotika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang, serta dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum K.A. Tajuddin, SE. 

Kegiatan Ramp Check ini dimaksudkan untuk memeriksa langsung laik jalan kendaraan bus jenis AKDP untuk mengangkut penumpang menjelang angkutan lebaran tahun 2017. Pemeriksaan dilakukan oleh Tim Penguji Kendaraan Bermotor (PKB) dari Dinas  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibantu dengan Tim PKB Kota Pangkalpinang, Pemeriksaan tersebut dimulai dari pemeriksaan Administrasi seperti kelengkapan surat-surat kendaraan (SIM, STNK, Buku KIR, Izin Trayek (Kartu Pengawasan) dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik seperti, pemeriksaan rem, ban, pemeriksaan fungsi penerangan, lampu utama, sein, tie road, termasuk suspensi lainnya.   

Pada saat pemeriksaan di Terminal Girimaya ditemukan satu unit Bus dalam kondisi tidak laik jalan, karena adanya kerusakan rem dan kondisi ban yang sudah botak sehingga kendaraan tersebut diberikan Tilang oleh PPNS Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang dan tidak perkenankan untuk beroperasi sebelum adanya perbaikan atas kerusakan pada bus tersebut. Dan terdapat dua unit kendaraan yang mendapat teguran. Sedangkan pada saat pemeriksaan di Terminal Kampung Keramat jalan Muntok, sebelum pemeriksaan teknis kendaraan dilakukan pemeriksaan urine oleh BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada para sopir Bus untuk jurusan Muntok dan Parit Tiga Jebus, dan tidak ditemukan indikasi pemakaian obat-obat terlarang (narkoba). 

Diharapkan dengan pelaksanaan pemeriksaan ini pelayanan pengangkutan penumpang pada saat arus mudik dan arus balik dapat terlayani dengan baik serta terjaminya keselamatan penumpang dan awak kendaraannya.

Sumber: 
Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Ir. Agus Lazuardi, MT
Fotografer: 
Romi Jester 21
Editor: 
Hendra Irfansyah, SIP, MH

Berita Berdasarkan Kategori