Pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2019

PANGKALPINANG - Pada tanggal 7 Februari 2019 Sekolah Tinggi Transportasi Darat bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2019. Wakil Ketua I STTD Bapak Tonny Cornelius M. Korah Maksud dalam kata sambutannya menyampaikan maksud dan  Tujuan diselenggarakannya Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2019 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah untuk memberikan bekal kepada masyarakat berupa kompetensi di bidang transportasi darat secara luas dan siswa lulusan SMK, sehingga mereka mampu bersaing di dunia kerja dan atau meningkatkan prestasi kerja.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung disela-sela kata sambutannya berpesan kepada peserta yang berjumlah 300 orang tersebut, agar peserta dapat mengikuti dengan serius. Tidak ada alasan  untuk tidak maju, karena keterampilan sangat diperlukan, zaman sekarang tukang kayu pus harus memiliki sertifikat dan diharapkan Pendidikan ini juga dapat memberikan sertifikat pada pesertanya. Selanjutnya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung juga berpean kepada STTD supaya pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2019 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus dilanjutkan, dan tidak terbatas pada sektor Transportasi Darat saja, juga pada sektor Transportasi Laut dan Udara sebagaimana kita ketahui Bangka Belitung adalah daerah kepulauan serta memiliki dua bandara di pulau bangka dan pulau belitung.

Adapun Diklat yang diselenggarakan adalah 1). Diklat Orientasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, 2). Diklat Keselamatan Berlalu Lintas, 3). Diklat Penyelenggaraan Perparkiran, 4). Diklat Pembautan Rambu dan Marka, 5). Diklat Pemeriksaan Emisi Gas Buang, 6). Diklat Pengelasan 7). Pemeriksaan Sikap Roda, dan 8). Pemeliharaan Sepeda Motor. Diklat ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari atau setara dengan 30 (tiga puluh) jam.

 

Sumber: 
Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Yoval
Fotografer: 
Danang RS
Editor: 
Yoval