67 Putra - Putri Babel Ikuti Tes TPA STTD

PANGKALPINANG – Sebanyak 67 orang putra-putri yang merupakan asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) penerimaan taruna-taruni Sekolah Tinggi Transfortasi Darat (STTD).

Kegiatan yang berlangsung di SMK 2 Pangkalpinang, Selasa (15/06/2016), tersebut merupakan tahap kedua, dimana setelah sebelumnya 67 peserta itu telah melewati seleksi administrasi.

Maghdalena, salah satu panitia daerah yang bertugas saat tes TPA berlangsung menerangkan, tes TPA ini, untuk menyaring 300 orang yang nantinya akan menjadi calon taruna-taruni yang akan mengenyam pendidikan di STTD tahun 2017. Jumlah tersebut, merupakan kuota nasional yang artinya putra-putri asal Babel akan bersaing dengan putra-putri yang berasal dari provinsi-provinsi lain, dimana akan dilakukan perengkingan secara nasional untuk mencari jumlah tersebut.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,  lanjut Lena, untuk tes TPA seleksi penerimaan taruna-taruni STTD masih menggunakan lembar jawaban komputer (LJK). Namun, untuk tahun ini, telah menggunakan sistem komputerisasi, dimana para peserta langsung mengerjakan soal-soal langsung menggunakan komputer dengan jumlah soal sebanyak 75 soal, terdiri dari 25 soal materi matematika, 25 soal fisika terapan dan 25 soal bahasa inggris, dimana para peserta tes harus mengerjakan soal-soal tersebut dengan waktu selama 90 menit.

“Setelah tes, para peserta dapat langsung mengetahui hasil tes yang merupakan seberapa banyak jumlah benar atau salah soal yang dikerjakan. Sedangkan untuk hasil kelulusan tes akan diumumkan selama 7 hari kedepan, karena masih menunggu hasil perengkingan dari panitia pusat,” ujar Maghdalena.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/wv/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD